Minggu, 28 Desember 2014

Manfaat Terapi Uap untuk Kesehatan

Terapi uap berfungsi memperlancar aliran darah serta suplai nutrisi ke seluruh tubuh. Selama proses mandi uap, aliran darah ke kulit meningkat dari 5-10% menjadi 50-70%. Peningkatan aliran daran ini sekaligus membawa nutrisi penting ke kulit dan jaringan, menstimulasi aktivitas selular dan pertumbuhan sel-sel. Bukan hanya untuk kesehatan kulit, terapi uap pun dapat bermanfaat untuk kesehatan bagia tubuh lainnya.

Manfaat Terapi Uap untuk Kesehatan


http://pencegahanpenyakitsinusitis.blogspot.com/

Terapi uap telah banyak dikenal dalam sistem pengobatan tradisional untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan serta kecantikan dan dinyatakan efektif untuk mengatasi berbagai kondisi termasuk depresi ringan, kelelahan kronis, ketergantungan nikotin, hipertensi, rasa sakit kronis, gangguan pernapasan, dan penyakit kardiovaskuler.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang efektif dengan terapi uap :

  1. Sinusitis,- The American Academy of Allergy, Asthma and Immunology (AAAAI) dan the American College of Allergy, Asthma and Immunology telah merekomendasikan mandi uap bagi penderita sinusitis. Mandi uap dinyatakan efektif membuat pasien sinusitis merasa jauh lebih nyaman.
  2. Tidur nyenyak,- Terapi uap terbukti efektif membuat orang tidur lebih mudah dan meningkatkan durasi siklus REM (tahapan tidur dimana sebagian besar mimpi yang bisa diingat terjadi). Para dokter biasanya menganjurkan penggunaan uap sebagai pengganti obat tidur.
  3. Relaksasi,- Terapi uap dinyatakan efektif meredakan kecemasan. Dengan meredakan kecemasan, maka segala gangguan yang berkaitan seperti stres juga akan ikut menurun. Uap akan membuat Anda relaks. Hasil studi menunjukkan, mereka yang menikmati terapi uap selama 10-15 menit merasa lebih nyaman dan relaks.
  4. Flu biasa,- Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Otolaryngology menemukan, menghirup uap efektif meredakan gejala-gejala flu dan memperlancar saluran pernafasan. Bahkan sebelum studi dilakukan, terapi uap telah lama digunakan untuk meredakan gejala-gejala flu. Terapi uap untuk flu juga dikenal dengan sebutan fisioterapi nebulizer dan sangat pas jika dilakukan untuk penderita asma.
  5. Detoksifikasi,- Panas akan mempercepat proses kimia di dalam tubuh. Dan terapi uap merupakan salah satu pilihan yang paling mudah dan sederhana untuk mengeluarkan racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh. Saat pori-pori terbuka dan jutaan kelenjar keringat mulai mengeluarkan keringat, maka tubuh juga akan mengeluarkan sampah-sampah sisa metabolisme.
  6. Memperlancar aliran darah,- Terapi uap berfungsi memperlancar aliran darah. Hal ini sekaligus akan memperlanncar suplai nutrisi ke seluruh tubuh. Selama proses mandi uap, aliran darah ke kulit meningkat dari 5-10% menjadi 50-70%. Peningkatan aliran darah ini sekaligus membawa nutrisi penting ke kulit dan jaringan, menstimulasi aktivitas selular dan pertumbuhan sel-sel.
Itulah beberapa Manfaat Terapi Uap untuk Kesehatan, semoga dapat menjadi rekomendasi yang tepat dan aman untuk anda beserta keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar